http://kawanishare.blogspot.com/ | KAWANI MEDIA |
AdSense
AdSense adalah program kerjasama periklanan
melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense,
pemilik situs web ataublog yang telah mendaftar dan disetujui
keanggotaannya diperbolehkan memasang unitiklan yang bentuk dan materinya telah
ditentukan oleh Google
di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan
mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap
iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.
Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, Google AdSense juga
menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan iklan
arahan (Referral). Pada AdSense untuk pencarian, pemilik situs web dapat
memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka. Pemilik situs akan
mendapatkan pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan
pengunjung melalui kotak pencarian tersebut, yang berlanjut dengan klik pada
iklan yang disertakan pada hasil pencarian. Pada iklan arahan, pemilik situs
akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan
tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dengan pemasang
iklan tersebut.
Sejarah
Program
AdSense didirikan setelah Google mengakuisisi Pyra Labs pada bulan Februari
2003. Sebulan berikutnya tepatnya pada tanggal 4 Maret 2003, Chairman Google
dan CEO, Erick Schmidt, mengumumkan layanan iklan konten bertarget yang disebut
AdSense. Untuk mendukung program adsense, pada 23 April 2003 atau sebulan
kemudian google mengakuisisi Applied Semantics yang teknologinya mendukung
layanan AdSense.
Sejak AdSense didirikan, unit AdSense for Content hanya mendukung bahasa Inggris dan
beberapa bahasa negara-negara di Eropa, Timur Tengah dan Asia Timur, serta satu
negara Asia Tenggara yaitu bahasa Thailand. Namun akhirnya pada tanggal 1
Februari 2012 Google secara resmi mengumumkan bahwa Bahasa Indonesia kini didukung untuk menampilkan unit
iklan AdSense for Content, setelah sebelumnya bahasa Indonesia
hanya didukung untuk unit AdSense for Search saja. Kini AdSense for Content mendukung 36 bahasa negara di dunia.
Pada tanggal 7 November 2012 Google
mengumumkan telah memperbarui aplikasi permohonan AdSense bagi publisher baru yang mendaftar AdSense melalui
mitra host, artinya pendaftar baru yang mendaftar AdSense melalui Youtube,
Blogger dan Hubpages. Sejak saat itu akun AdSense dibedakan menjadi dua macam,
yaitu akun AdSense hosted dan akun AdSense non hosted. Berdasarkan catatan
resmi Google, jumlah publisher AdSense kini mencapai lebih dari 2
juta publisher di seluruh dunia
Istilah dalam AdSense
Publisher
Publisher atau penayang iklan adalah orang atau
pemilik situs web yang sudah terdaftar atau sudah
disetujui oleh pihak pengelola aplikasi periklanan untuk memasang iklan AdSense
di situs mereka. Publisher yang menayangkan iklan google disebut publisher
google adsense. Sebelumnya publisher google adsense harus mendaftar dulu ke
Google Adsense dan baru bisa menayangkan iklan google di situs web mereka setelah aplikasi
disetujui. Setiap publisher google adsense hanya diperbolehkan memiliki satu
akun google adsense, namun mereka diperbolehkan memasang iklan google di semua
situs mereka yang memenuhi persyaratan program google adsense.
Ad Units
Yang dimaksud dengan Ad Units adalah
iklan AdSense itu sendiri. Ad Units terdiri dari beberapa jenis dan beberapa
ukuran. Yang paling umum adalah jenis iklan teks. Pada saat pengunjung mengklik
unit iklan ini, maka (jika sah) pemasang iklan akan mendapatkan pemasukan
sesuai dengan nilai CPC-nya.
Link Units
Link Units hampir sama dengan Ad
Units, hanya saja formatnya mirip dengan format menu yang biasa kita temui di
situs-situs web. Yang membedakan Link Units dengan Ad Units adalah pada saat
pengunjung meng-klik iklan ini, maka ia akan diarahkan pada halaman hasil
pencarian di search engine Google. Publisher baru akan mendapatkan pemasukan
apabila pengunjung mengklik salah satu Ad Unit yang ada di halaman tersebut.
Pada prakteknya, Link Units terbukti menghasilkan pemasukan lebih banyak
dibandingkan Ad Units biasa.
AdSense for
Content
AdSense for Content adalah iklan
AdSense yang dipasang di dalam suatu halaman. Iklan-iklan yang muncul adalah
iklan-iklan yang berhubungan dengan isi halaman tersebut. Atau istilahnya
menggunakan konsep kontekstual. Ad Units dan Link Units adalah yang termasuk
dalam AdSense for Content ini.
Alternate
Ads
Pada AdSense for Content, iklan tidak
selalu muncul. Sebabnya antara lain bisa karena memang stok iklan yang
berhubungan dengan isi situs sudah habis atau Google tidak dapat memperkirakan
apa isi situs itu sebenarnya. Jika ini terjadi, secara default, yang
ditampilkan adalah iklan layanan masyarakat atau sering dikenal dengan istilah
PSA (Public Service Ads). Karena bertipe donasi, maka jika diklik, iklan
ini tidak menghasilkan apa-apa bagi publisher. Untuk mengatasinya, Google memperbolehkan kita untuk memasang
Alternate Ads atau iklan alternatif. Jika Ad Units yang dibuat telah diatur
dengan menggunakan Alternate Ads, maka apabila Ad Units tersebut tidak dapat
tampil, yang muncul adalah iklan alternatif yang telah diatur sebelumnya.
Channels
Channels adalah semacam label yang
dapat diberikan pada Ad Units, Link Units, AdSense for Search, dan Referrals.
Satu unit iklan dapat memiliki lebih dari satu label, dan sebaliknya, satu
label dapat digunakan untuk lebih dari satu unit iklan. Di halaman laporanGoogle AdSense, hasil laporan akan
dikelompokkan berdasarkan Channels, sehingga penggunaan Channels akan sangat
memudahkan publisher untuk menganalisa performa AdSense mereka. Umumnya,
publisher akan memberikan nama Channels yang sama pada unit-unit iklan yang ada
di satu situs. Jika ingin lebih detail, sah-sah saja untuk memberikan nama
Channels yang berbeda pada setiap unit iklan di masing-masing situs. Yang perlu
diingat, maksimal jumlah Channels yang diperbolehkan saat ini adalah 200 kanal.
Page Impressions
Page Impressions adalah jumlah yang
menunjukkan berapa kali halaman yang mengandung Ad Units dibuka oleh
pengunjung. Nilainya tidak terpengaruh oleh kuantitas Ad Units yang ada di
dalam halaman yang bersangkutan.
Clicks
Clicks adalah jumlah klik pada Ad
Units milik publisher. Dalam halaman laporan AdSense, publisher dapat melihat
total klik yang ia dapatkan, maupun berdasarkan Ad Units atau Channelnya.
CTR (Clickthrough Rate)
CTR adalah perbandingan dalam persen
antara jumlah klik yang diterima suatu Ad Units dengan jumlah tampilan Ad Units
tersebut. Misalnya, satu Ad Units yang ditampilkan 40 kali dan diklik 10 kali
memiliki nilai CTR 25% (10:40).
CPC
(Cost Per Click)
CPC adalah jumlah uang yang akan
didapatkan oleh publisher apabila Ad Units tertentu diklik. Nilai CPC
masing-masing Ad Units berbeda dan ditentukan oleh banyak faktor, termasuk
performa dan kualitas situs milik publisher. Namun secara umum, nilai maksimal
yang mungkin adalah 20% dari nilai tawaran dinamis yang ditawarkan oleh
pemasang iklan.
eCPM
(Effective CPM)
eCPM atau CPM (Cost Per Million)
adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi
halaman (per 1.000) yang ia dapatkan dari iklan-iklannya. Sebagai contoh,
publisher yang menghasilkan USD 200 dari 50.000 impressi akan memiliki nilai
CPM sebesar USD 4 (USD 200 dibagi 50).
Kebijakan program AdSense
Meski program AdSense memberikan
keuntungan yang besar, Google menetapkan aturan ketat untuk melindungi
kepentingan semua pihak yang terlibat, termasuk pemasang iklan yang sering
dirugikan oleh tindakan tidak terpuji pemilik situs anggota program AdSense.
Beberapa larangan Google yang harus ditaati pemilik situs web atau blog peserta
program AdSense adalah:
·
Mengklik
iklan yang ditampilkan situs milik sendiri, baik dengan cara manual atau dengan
bantuan perangkat lunak khusus
·
Dengan
sengaja mendorong pengunjung situs untuk mengklik iklan yang ditampilkan,
misalnya dengan kata-kata “klik iklan ini” atau “kunjungi halaman ini”
·
Mengubah
bentuk dan ukuran unit iklan yang telah ditentukan Google
·
Membuat
pranala langsung menuju halaman hasil pencarian AdSense untuk pencarian
·
Mengisi
secara otomatis kotak pencarian AdSense dengan Kata kunci tertentu
·
Memanipulasi
target iklan dengan katakunci tersembunyi atau dengan IFRAME
·
Kode
unit iklan AdSense harus ditempatkan langsung pada kode html Situs web tanpa
perubahan. Pemilik situs tidak diperbolehkan mengubah kode AdSense dengan
alasan apapun, misalnya dengan tujuan menampilkan hasil klik di jendela pop up atau mengalihkan target iklan.
Optimisasi Penghasilan AdSense
Potensi keuntungan mengikuti program
AdSense membuat banyak pemilik situs web mengembangkan berbagai metode untuk
meningkatkan jumlah klik pada iklan yang mereka tayangkan. Sebagian metode
terbukti ilegal dan melawan kebijakan resmi program AdSense. Metode yang lain
diperbolehkan, bahkan didorong penggunaannya oleh Google. Beberapa metode yang
dianggap sah adalah:
·
Memodifikasi
warna unit iklan menggunakan palet warna yang disediakan AdSense
·
Meletakkan
unit iklan pada posisi tertentu pada halaman web yang dianggap memiliki tingkat
keterbacaan tinggi
·
Menghilangkan
garis tepi unit iklan dan menyamakan warna latarnya dengan warna latar halaman
web sehingga unit iklan terlihat membaur dengan isi halaman
Banned Google AdSense
Banned google adsense adalah sebuah
larangan menampilkan iklan google di situs web publisher, dimana sangsi ini
dijatuhkan oleh google adsense bagi publisher yang melanggar kebijakan program.
Banned google ada beberapa macam, pertama iklan dinonaktifkan sehingga iklan
tidak bisa tampil pada salah satu halaman tertentu yang dianggap melanggar
kebijakan program. Kemudian situs dinonaktifkan sehingga situs web tidak bisa
menampilkan iklan di semua halamannya. Dan yang terakhir adalah akun adsense
dinonaktifkan, ini adalah hukuman bagi pelanggaran berat sehingga publisher
tidak bisa lagi menampilkan iklan di semua situs web miliknya dan tidak
diperbolehkan lagi mendaftar di google adsense secara permanen.
Demikian
post copas tentang AdSense, semoga bermanfaat, mohon saran dan komentarnya
(Sumber: diambil dari Wikipedia)
Diposting Oleh : kawani media
Anda sedang membaca artikel tentang Semua tentang AdSense. Anda diperbolehkan mengcopy paste isi blog ini, namun jangan lupa untuk mencantumkan link ini sebagai sumbernya. Beritahukan kepada saya jika ada Link yang rusak atau tidak berfungsi. Apabila suka dengan postingan ini silahkan di Like dan Share dengan tidak lupa Komentar dan Masukannya.
0 komentar:
Posting Komentar