Rabu, September 30, 2015

http://kawanishare.blogspot.com/ KAWANI MEDIA
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

# Doa Dan Usaha #
==============
Dua hal yang harus seiring sejalan dalam kehidupan manusia, doa dan usaha.
A. Senantiasa Berdoa
Allah ta'ala berfirman,
أَمَّنْ يُجِيبُ الْمُضْطَرَّ إِذَا دَعَاهُ وَيَكْشِفُ السُّوءَ
"Atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepadaNya, dan yang menghilangkan kesusahan" (QS An-Naml: 62)
Apapun kesulitan, keresahan, gundah gulana, dan permasalahan kita, maka berdoalah memohon kepada Allah semata.
B. Tetap Berusaha
Selepas memenuhi seruan shalat (jum'at), manusia diperintahkan kembali berusaha.
Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman,
فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
"Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kalian di muka bumi (untuk mencari rezki dan usaha yang halal) serta carilah karunia Allah. Dan banyaklah mengingat Allah agar kalian beruntung” (QS al-Jumu’ah:10)

Irak bin Malik radhiyallahu 'anhu apabila telah selesai shalat Jum'at, ia pergi dan berdiri di depan pintu masjid seraya berdoa:
"Yaa Allah, aku telah memenuhi panggilanMu, melaksanakan kewajibanMu, dan bertebaran di muka bumi (menggapai rizkiMu). Maka limpahkanlah karuniaMu karena Engkau Sebaik-Baik Pemberi Rizki.." (Al-Mishbahul Munir fii Tahdzib Tafsir Ibni Katsir)
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
احْرِصْ عَلَى مَا يَنْفَعُكَ وَاسْتَعِنْ بِاللَّهِ وَلاَ تَعْجِزْ
"Bersemangatlah dalam perkara yang bermanfaat bagimu dan senantiasa mintalah pertolongan Allah, serta janganlah (bersikap) lemah…” (HR Muslim: 2664)
Usaha dan Doa, dua poros yang harus selalu ada.
doa tanpa usaha: bohong...
usaha tanpa doa: sombong.
...

Diposting Oleh : kawani media

Wans Sihabuddin Anda sedang membaca artikel tentang Doa dan Usaha. Anda diperbolehkan mengcopy paste isi blog ini, namun jangan lupa untuk mencantumkan link ini sebagai sumbernya. Beritahukan kepada saya jika ada Link yang rusak atau tidak berfungsi. Apabila suka dengan postingan ini silahkan di Like dan Share dengan tidak lupa Komentar dan Masukannya.

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Arsip Blog

Bersama Lebih Baik

Artikel Lain

Yok Berbagi

"Blog Belajar dan Berbagi hadir sebagai media berbagi info tentang banyak hal yang Insyaallah dapat membawa manfaat bagi yang membutuhkan (tentunya) akan informasi informasi seputar Ilmu Agama (utama), Optimasi Blog, Tips dan Triks, Komputer dan Internet serta Informasi umum. Sebagai seorang awam Admin tentunya membutuhkan masukan dari para teman teman blogger senior termasuk dari para ahli dibidangnya (khususnya post yang terkait dengan Ilmu Agama). Kami juga menerima berbagai artikel yang sesuai dengan Visi dan Misi Blog ini untuk dapat diterbitkan di Blog ini. Kritik dan saran, masukan dan komentarnya sangat kami harapkan untuk menjadikan Blog ini lebih baik dan tentunya bermanfaat."

Lihat About Me

Postingan Populer

Kenali Saya dan Jalin Ukhuah

Perlu Untuk Dibaca

Beri Masukan, Karna Anda adalah Inspirasi Kami

Subscribe via Email